MASIGNCLEAN101

POTENSI EKONOMI SYARIAH DI INDONESIA

11/05/2018
DitulisOleh : Triya A.(Research Departement)
Ekonomi syariah merupakan sebuah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi sesuai dengan ketentuan dan syariat Islam. Selama beberapa tahun terakhir, perkembangan ekonomi syariah bergerak secara positif umumnya di dunia global dan khususnya di Indonesia. Indonesia sangat berpotensi untuk menerapkan sistem ekonomi syariah pada kegiatan-kegiatan perekonomiannya. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya lembaga keuangan syariah di Indonesia.
Perkembangan lembaga keuangan syariah di Indonesia dimulai sejak tahun 90-an. Ditandai dengan munculnya perbankan berbasis syariah kemudian asuransi syariah hingga saat ini terdapat pegadaian syariah. Riba yang melekat pada lembaga keuangan konvensional dapat dihindari dengan penggunaan lembaga keuangan syariah. Riba adalah penetapan bunga atau melebihkan jumlah pengembalian suatu pinjaman. Riba sendiri dinilai merugikan atau memberatkan  salah satu pihak yakni peminjam.
Pemerintah Indonesia saat ini mulai lebih memperhatikan ekonomi syariah di Indonesia. Pemerintah melaui Bank Indonesia berpendapat bahwa ekonomi syariah dapat menjadi solusi dari ketidakstabilan keadaan ekonomi yang terjadi. Belum lama ini, BI meluncurkan surat utang syariah atau sukuk berbasis wakaf tunai (Waqf Linked Sukuk). Sukuk sendiri merupakan obligasi yang sesuai dengan syariah. Surat utang ini akan akan menyerap dana wakaf dari perorangan hingga institusi domestik maupun luar negeri. Singkatnya , waqf linked sukuk merupakan sukuk yang diterbitkan dalam rangka membangun infrastruktur di atas tanah wakaf
Didukung dengan warga negara yang mayoritasnya muslim, pemerintah yakin bahwa sistem ekonomi dan keuangan syariah kedepannya dapat menjadi salah satu sumber alternatif pembiayaan pembangunan yang berkelanjutan. Tak hanya merasa yakin, pemerintah juga memberikan aksi nyatanya dengan membahas mengenai ekonomi syariah  pada pertemuan hari terakhir  International Monetary Fund (IMF)-World Bank Annual Meetings 2018 . IMF-World Bank merupakan pertemuan tahunan terbesar dalam bidang ekonomi dan keuangan yang pesertanya hampir 35.000 orang .

Ada beberapa hal  yang harus diperhatikan pemerintah Indonesia  ketika ingin mengembangkan potensi ekonomi syariah lebih lanjut lagi. Diantaranya adalah masalah komitmen dan edukasi mengenai ekonomi syariah sendiri. Meskipun mayoritas warga negara Indonesia adalah muslim, tetapi belum semuanya paham betul mengenai sistem ekonomi syariah ini. Komitmen juga sangat diperlukan untuk mendukung program-program berbasis syariah yang akan diterapkan untuk membantu pembiayaan pembangunan nantinya. 
FOSEI UNSOED

Akun Official KSEI FOSEI Universitas Jenderal Soedirman