MASIGNCLEAN101

METODE PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH (Review Materi PKTI)

5/30/2018

Disusun Oleh : Masfufah (Research Departement)


A.    PENGERTIAN KARYA TULIS ILMIAH
Tulisan yang mengungkapkanbuahpikiran, yang diperolehdarihasilpengamatan, penelitian, ataupeninjauanterhadapsesuatu yang disusunmenurutmetode dan sistematikatertentu, dan yang isi dan kebenarannyadapatdipertanggungjawabkan.
Pada dasarnyaditandaisetidak-tidaknyaoleh :
1.      Hasilpenelitianataukajian,
2.      Dilakukan oleh seorangatautim
3.      Penulisannyamengikutikaidahatau tata carailmiah
4.      Disajikankepadapublikmelaluijurnalataupertemuanilmiah

B.     OUTLINE
1.      Proses Pencarian Ide dan Gagasan
a.       Penelitiharusskeptis
b.      Banyak membaca, mendengar, melihat dan menulis
c.       Inspirasibisadatangdari mana saja dan kapansaja
d.      Patrikan 5 W dan 1 H
e.       Selalucaripermasalahantematiknya
Ciri-Ciri Karya Ilmiah (Artikel Ilmiah)
a.       Menyajikanfaktaataufenomenasecaraobjektif, sistematis dan logis
b.      Bersifatorisinil, kreatif, dan handal
c.       Menggunakanmetodeilmiahsesuaidengankonsensusilmupengetahuanselingkung-bidang
d.      Terujimelaluiverifikasi dan falsifikasi
e.       Menghasilkantemuan/ model /terminologi/ koreksibaru/ tesisatauteori
f.       Bermanfaatbagikesejahteraan dan peradabanmanusia


Ragam/JenisKaryaIlmiah
Abstrak
Laporaneksekutif
Risalah
Ringkasan
Tanggapan
Kolokium
Ikhtisar
Kertaskerja
StudiKasus
Tinjauanbuku
Makalahproyek
LaporanPenelitian
Kritik
LaporanKegiatan
Skripsi
Makalahpemikiran
Laporan status
Tesis
Laporananalisis
LaporanKepustakaan
Desertasi
Makalahpendirian
RekamanFakta
ArtikelIlmiah
Makalahopini
MakalahIlmiah

2.      SistematikaPenulisan
a.      Karyatulis yang didasarkanatashasilpenelitian
1)      Judul/topik
2)      Abstrak
3)      Pendahuluan: latarbelakang, perumusanmasalah, dan tujuanpenelitian
4)      Kajian Literatur
5)      Metodologi
6)      Hasil dan Pembahasan
7)      Penutup
8)      PustakaAcuan (Referensi)
b.      Karyatulis yang didasarkanatashasilpengkajian
1)      Judul/topik
2)      Abstrak
3)      Pendahuluan: uraianmateritentangmengapamemilihjudul/topiktulisanuntukdibahas, kedalaman dan keluasanmateri yang akandibahas, dan apatujuannya.
4)      Kajian Literatur
5)      Pembahasan: tentangpokokpikiran yang terkandung di dalamtopik/judulartikel
6)      Penutup
7)      PustakaAcuan (Referensi)
SistematikaPenulisan
  1. Judul
  2. Pendahuluan
  3. TelaahPustaka
  4. MetodeAnalisis/ Penulisan
  5. Pembahasan
  6. Penutup
a.      Judul
1)      Judul yang baik: singkat, padat, mudahdipahami
2)      Menggambarkan isi pokok tulisan secara ringkas dan jelas
3)      Tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda
4)      Panjang judulharuskurangdari 25 kata
b.      Pendahuluan
1)      LatarBelakang
2)      RumusanMasalah
3)      TujuanPenulisan
4)      ManfaatPenulisan
c.       LatarBelakang
1)      Berisiargumentasimengapamengambiljudul dan tema yang dipilih
2)      Berisiinformasi yang relevanuntukmembantumemahamipokokpermasalahan
3)      Diuraikanteori, faktaatau data yang mendukungpermasalahan yang ada
4)      Justifikasipenelitiandiuraikansecaradeduktif
d.      RumusanMasalah
1)      Das Sein DasSolen
2)      Sifatmasalahpraktis dan teoritis
3)      Beruparesearch problem yang dapatdilanjutkandalamresearch questions
4)      Masalahatautopikmenarik, mempunyaisignifikansipraktis dan teoritis, sertadapatdiuji

e.       TujuanPenulisan/ Penelitian
1)      Memuatsecaraumum dan spesifiktujuan yang ingindicapai
2)      Disesuaikandenganresearch questions
f.       ManfaatPenulisan
Diuraikanmanfaat yang diperolehbagi:
1)      Masyarakat
2)      Pemerintah
3)      Stakeholders lainnya
4)      Ilmupengetahuan
g.      TelaahPustaka
1)      LandasanTeori
2)      PenelitianTerdahulu
h.      LandasanTeori
1)      Memuatgrand design theorysecarasistematisberupapengertian dan pemahamansertaketerkaitanantarvariabel.
2)      Fungsinyauntukmenjadifondasikerangkaberpikir dan jawabansementarapenulisankaryailmiah.

i.        PenelitianTerdahulu
1)      Berisipenjelasansingkatpenelitian-penelitiansebelumnya yang relevan
2)      Munculkanresearch gap
3)      Untukmemudahkansimpulkandalambentukresearch output
4)      Fungsinyauntukmenjadijawabansementarapenelitian/ penulisankaryailmiah
j.        MetodeAnalisis
1)      Variabel dan definisioperasional: how to measure?
2)      Jenis dan sumber data: primer atausekunder
3)      Sample dan Teknik Pengambilan Sample
4)      Metodepengumpulan data: wawancara, FGD, angket, dokumentasi, dll
5)      Metodeanalisis
k.      Variabel
1)      Able to variate
2)      Suatubesaran yang dapatdiubahatauberubahsehinggamempengaruhiperistiwaatauhasilpenelitian
3)      Variabelterdiridarivariabelbebas (independen) dan variabelterikat (dependen)
l.        Jenis dan Sumber Data
1)      Data Primer : data yang diperolehsecaralangsung oleh penelitibaikmelaluimetodewawancara, observasi, FGD.
2)      Data Sekunder : data yang sudahdisediakan oleh suatulembagaatauinstitusi.
m.    Sampel dan Populasi
1)      Populasi :sebagaisekumpulanunsuratauelemen yang menjadiobyekpenelitianatauHimpunansemuahal yang ingindiketahui.
2)      Dapatberupakumpulansemuakota, semuapenduduk, semuaperusahaan.
3)      Sampeladalahunsur-unsur yang diambildaripopulasi dan mewakilipopulasitersebut.
n.      Teknik PengambilanSampel
1)      Acak (Random Sampling)
a)      Stratified random sampling
b)      Quoted random sampling
c)      Cluster random sampling
d)     Multistage random sampling
2)      TidakAcak (Non Random Sampling)
a)        Purposive sampling
b)        Accidental sampling
c)        Snow ball sampling
o.      MetodeAnalisis
1)      PendekatanKuantitatif
a)      StatistikDeskriptif
b)      AnalisisMultivariat
2)      PendekatanKualitatif
a)      Deskriptifkualitatif
b)      StudiPustaka/ Kajian Literatur
c)      Analytic Network Process (ANP) dan Analytic Hierarchy Process (AHP)
d)     Co Management, dll
p.      Pembahasan
1)      GambaranUmum
a)      ObjekPenelitian
b)      Data
2)      Intepretasifenomenadenganmembandingkannyaterhadapteori dan penelitianterdahulu.
3)      Berupapenjelasanrasionalbaikkuantitatifmaupunkualitatif
4)      Bisadalambentukgrafik, tabel, diagram ataubentuklainnya.
q.      Penutup
1)      Kesimpulan
Berisitentangtemuanpenelitianuntukmenjawabtujuanpenelitian
2)      Saran
Disampaikankepadapihak yang diharapkanmendapatmanfaat

C.    CONTOH
MembangunDayaSaing UMKM melaluiPengembanganEkonomiLokal
1.      Outline
a.       Pendahuluan
1)      LatarBelakang
2)      RumusanMasalah
3)      Tujuan dan Manfaat
b.      TinjauanPustaka
c.       Pembahasan
d.      Penutup
1)      Kesimpulan
2)      Saran
2.      Perluasan Outline
a.      Pendahuluan
1)      LatarBelakang :mengapadayasaing, mengapa UMKM, mengapaPengembanganEkonomiLokal (PEL)?
2)      RumusanMasalah :globalisasiekonomisemakinmengancamdayasaing UMKM, padahal UMKM berperanbesarterhadapperekonomianmasyarakat.
3)      Tujuan :untukmenganalisakondisidayasaing UMKM dan peran PEL
4)      Manfaat :bagimasyarakat, UMKM, Pemerintah, IlmuPengetahuan.
b.      TinjauanPustaka
1)      Konsep dan PengertianDayaSaing
2)      Konsep, karakteristik, peran dan kinerja UMKM
3)      KonsepPengembanganEkonomiLokal (PEL)?
4)      Peran PEL?
c.       Pembahasan
1)      GambaranUmumDayaSaing UMKM
2)      BagaimanaKeterkaitan PEL dan UMKM dalammeningkatkandayasaing

d.      Penutup
1)      Kesimpulan: harusmenjawabtujuan
2)      Saran :harussesuaimanfaat

D.    OUTLINE UNTUK ALINEA
1.      Pembuatan outline biasanyahanyasampai pada penulisanjudul, subjudul dan sub-subjudul
2.      Perinciankedalam sub-subjudulmenjadibanyakatausedikittergantungpada luas dan kompleksnyatopiktiapsubjudul
3.      Tetapimengembangkan sub-subjudulmenjadialinea-alinea yang mendukungnyaseringtidaksemudah yang dibayangkan
4.      Untukitudapat juga dibuat “outline-outline” tiapalineatersebut
5.      Outline yang dimaksudkandisinitidak lain adalahpikiran-pikiranpokok yang dapatdinyatakandalamsatu/dua kata; tiap kata/ katakataakan dikembangkan menjadi satu alinea
6.      Tuliskan semua kata/kata-kata yang terlintas dipikiran, tidak usah berpikirurutannyadulu

E.     MANFAAT OUTLINE
1.      Memungkinkanpenulismelihatkeseluruhangagasan yang akanditulis.
2.      Alur logikauraiangagasandapatdilihatsecarajelas.
3.      Jikaterjadikekurangtepatanpenepatan sub-subtopiksecaraalurlogikakitadapatmemperbaikinya.
4.      Jikaadasatutopik yang kurangrelevandengantemakeseluruhanjudultopikitudapatdibuang.
5.      Sebalikyajikasatutopikitupentingternyatabelummunculiadapatditambahkan pada subjudul yang tepat.
6.      Dapatdihindariadanyaketumpangtindihangagasan-gagasan di beberapasubjudul; pilih di tempat mana suatutopiksecaratepatditempatkan.
7.      Memungkinkanpenulisuntukmemilikikepastianlangkahkerja dan memilihmana yang akan dikerjakan dulu.
8.      Pengembangan outline menjadikaryatulisilmiahtidakharusselalumulaidari yang atas kemudian yang berikutnya; kita dapat muali dari manapun tergantung kesiapanreferensi.


FOSEI UNSOED

Akun Official KSEI FOSEI Universitas Jenderal Soedirman