MASIGNCLEAN101

ESAI BAGIAN 2 : STRUKTUR ESAI (Review Materi)

5/30/2018

Ditulis Oleh : Eka Oktaviani Widiastuti (Research Departement)



Pada dasarnya esai sendiri merupakan suatu tulisan yang berisi mengenai sajian pembahasan atas suatu problematika dengan tujuan untuk mengajak orang agar paham terhadap suatu permasalahan yang dikaji. Meskipun esai terbagi menjadi esai ilmiah maupun populer, namun dalam kenyataannya esai tidaklah sebaku tulisan ilmiah lainnya.
Struktur dari esai sendiri tidak terdapat aturan yang baku seperti penulisan ilmiah pada umumnya layaknya penulisan didalam Karya Tulis Ilmiah maupun skripsi, dan lain sebagainya. Poin penting dalam esai yang harus ada hanya mencakup tiga hal, yaitu pendahuluan, isi (pembahasan), dan kesimpulan yang tersusun secara mengalir (tidak tertulis baku).
Pada bagian pendahuluan berisi latar belakang berupa hal-hal yang mendasari apa yang akan dibahas dalam sebuah esai. Selanjutnya, tahap isi (pembahasan) berisi paradigma kita terhadap suatu permasalahan yang dibahas ditambah dengan data yang real untuk mendukung kevalidan suatu pendapat. Struktur terakhir yang harus ada yaitu kesimpulan yang isinya bisa berupa solusi atas permasalahan tersebut atau hanya sebatas kesimpulan saja.


FOSEI UNSOED

Akun Official KSEI FOSEI Universitas Jenderal Soedirman