MASIGNCLEAN101

ADA APA DENGAN TREND INDUSTRI KEUANGAN ISLAM DI INGGRIS ?

5/11/2018
ADA APA DENGAN TREND INDUSTRI KEUANGAN ISLAM DI INGGRIS ?


Ditulis Oleh : HRD Departement

Halal lifestyle atau yang biasa disebut gaya hidup halal saat ini menjadi tren pasar global. Banyak negara di berbagai belahan dunia tengah berupaya menerapkan sistem halal lifestyle dalam kehidupan sehari-hari. Ada fenomena menarik, ternyata yang berupaya menerapkan halal lifestyle tidak hanya dari kalangan negara muslim saja.Tetapi negara-negara yang berpenduduk mayoritas non muslim juga tengah berupaya keras ingin menerapkan halal lifestyle dalam kehidupan mereka.
Salah satu negara non muslim yang kian gencar mengeluarkan produk-produk halal adalah Inggris. Meski jumlah muslim di Inggris lebih kecil dari Paris dan Jerman, tren gaya hidup halal ternyata lebih berkembang di negara Ratu Elisabeth tersebut. Halal lifestyle yang tumbuh pesat di Inggris adalah produk industri keuangan,baik perbankan maupun di luar bank. Industrkeuangan Inggris muncul pada tahun 2013 ketika Perdana Menteri David Cameron mengumumkan rencana untuk mengembangkan kota Inggris menjadi ibu kota keuangan Islam Barat. Hal tersebut dibuktikan dengan penerbitan sukuk negara pada tahun 2014. Penjualan Sukuk Britania Raya secara luas dilihat sebagai keberhasilan karena menarik 2,3 miliar poundsterling atas perintah bank sentral, sovereign wealth funds, dan investor institusional lainnya. Penerbitan sukuk tersebut pun menjadikan Inggris sebagai negara pertama di luar Islam yang menggunakan instrumen sukuk.
Sedangkan perbankan syariah Inggris pun ikut berkembang, ditandai dengan berdirinya the Islamic Bank of Britain (IBB) padatahun 2004 dan menjadi bank syariah pertama di Eropa yang diikuti dengan beberapa prestasi. Pada awal tahun pembukaan IBB, tercatat lima puluh ribu orang menjadi nasabah.Hal ini sebagai bukti nyata respon positif masyarakat terhadap ekonomi syariah. Meskipun baru terbentuk, nyatanya perbankan syariah bisa bersaing dengan bank konvensional lainnya dalam menawarkan produk-produk berkualitas kepada masyarakat. Bahkan bisa dibilang perkembangan perbankan syariah ini jauh lebih maju dibandingkan dengan negara di Asia. Kemajuan tersebut terlihat dari tinggi nya aset bank syariah di Inggris yang sudah mencapai US$ 18 miliar dan juga perbankan syariah di Inggris dijadikan sebagai tempat berinvestasi oleh kalangan umat Islam dari negara teluk yang kaya raya dengan prinsip syariah. Sehingga perbankan syariah di Inggris lebih dikenal dengan istilah investor banking dan banyak produk perbankan syariah di Inggris juga menawarkan produk investasi yang penggunaan dananya sesuai hukum Islam.
Beberapa faktor yang mendukung tumbuhnya industrkeuangan syariah di Inggris,yaitu London memiliki ekosistem finansial yang sempurna. Artinya, London merupakan pasar utang dan ekuitas yang besar dan sangat likuid, profesional berkualitas. Selain itu, mereka mempunyai pengacara dan bankir, regulator keuangan berorientasi bisnis dan pasar yang dikembangkan untuk instrumen manajemen risiko, seperti derivatif dan asuransi.
Trenpositifakan halal lifestyle di Inggrisk hususnya di sektor industri keuangan syariah menunjukkan geliat ekonomi Islam yang semakin berkembang. Produk-produk syariah tak hanya disukai muslim, bahkan non muslim banyak yang telah menginvestasikan dana nya di lembaga keuangan syariah. Hal ini pun membuktikan bahwa syariat Islam memang diperuntukkan untuk kemaslahatan seluruh umat.






SUMBER PUSTAKA

Aisyah. 2017. PerkembanganPerbankan Syariah di Inggris(on-line).
http://www.ibec-febui.com/, diakses 15 April 2018.
Masyrafina, Idealisa. 2017Alasan London Jadi Pusat Keuangan Syariah di Barat (on-line).
http://www.republika.co.id, diakses 15 April 2018.



FOSEI UNSOED

Akun Official KSEI FOSEI Universitas Jenderal Soedirman