MASIGNCLEAN101

MENTAL BLOCK

4/05/2018
MENTAL BLOCK
Ditulis Oleh : Inas Fawazi (Research Departement)


Mental merupakan salah satu faktor utama pendorong manusia untuk meraih kesuksesan yang ingin mereka gapai. Mental yang kuat akan menjadi kekuatan yang akan mengantarkan seseorang menuju kesuksesan. Sebaliknya, seseorang yang tidak memiliki mental yang kuat akan selalu merasa enggan atau tidak sanggup untuk mencapai apa yang diingankannya. Seseorang yang memiliki mental yang lemah tidak akan mampu melakukan sesuatu sebagaimana mestinya. Hal inilah yang menyebabkan seseorang mengalami apa yang disebut dengan mental block.
Mental block merupakan hambatan mental ataupun psikologis yang menyelubungi pikiran seseorang. Hambatan ini membawa seseorang tersebut ke dalam perspektif negatif tentang dirinya sehingga menyebabkan seseorang sulit untuk mengaktualisasi dirinya. Ketakutan seseorang untuk melakukan sesuatu, ketidakyakinan mereka terhadap diri mereka sendiri menjadikan mereka tidak mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya sehingga yang mereka dapatkan adalah kegagalan atau bahkan mereka tidak pernah mencobanya sama sekali.
Mental block ini diakibatkan oleh banyak hal, salah satunya adalah trauma terhadap masa lalu. Kejadian saat masa lalu yang menyisakan trauma berkelanjutan menjadikan hambatan psikologi bagi seseorang di masa mendatang karena dia akan takut mengalami hal seperti yang telah dia alami sebelumnya.
Banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasi mental block. Mengubah sudut pandang tentang apa yang telah terjadi di masa lalu, dan menerimanya sebagai bagian dari perjalanan hidup yang harus kita alami, kemudian memutuskan untuk tidak terpengaruh dengan masa lalu dan bertekad untuk membuka lembaran baru, maka proses pergeseran kesadaran ini akan mengurai mental block ini secara perlahan, bahkan dalam kasus tertentu bisa menghantam mental block tersebut seketika.

SUMBER PUSTAKA
Fitriyani, Kiki. 2016.  "Konseling Krisis dalam Menangani Mental Block pada Korban
Penyalahgunaan NAPZA di Panti Sosial Pamardi Putra Yogyakarta",  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

FOSEI UNSOED

Akun Official KSEI FOSEI Universitas Jenderal Soedirman