MASIGNCLEAN101

INFLASI DALAM NEGERI SAMBUT BULAN SUCI

12/13/2015
       Inflasi adalah kenaikan harga barang-barang agegrat yang terjadi secara terus menerus.
Beberapa penyebab inflasi antar lain adalah:

~          Demand Pull Inflation : adalah inflasi yang disebabkan oleh peningkatan permintaan suatu barang                                                      disaat penawaran tetap.
~          Cost Push Inflation : adalah inflasi yang disebabkan oleh kenaikan biaya produksi.
~          Imported Inflation : adalah inflasi yang disebabkan oleh kenaikan barang-barang impor, terutama                                                 bahan baku produksi.

Pertanyaannya adalah kenapa setiap menjelang bulan Romadhon harga-harga barang kebutuhan pokok merangkak naik? Sebenarnya kenaikan harga di bulan romadhon adalah lebih disebabkan oleh kenaikan permintaan yang hal itu akan mendorong terjadinya kenaikan barang yang diproduksi. Sehingga, dengan meningkatnya penawaran agegrat maka harga-harga pun akan meningkat pula.

sumber : http://www.sindonews.net
Namun, bulan romadhon jangan sampai diidentifikasikan sebagai faktor penyebab inflasi. Pada kenyataanya romadhon justru akan menggerakkan sendi-sendi perekonomian negara. Hal itu dapat dibuktikan yaitu pada saat bulan romadhon, sudah dipastikan akan muncul pedagang-pedagang baru yang menjual aneka barang kebutuhan selama di bulan romadhon. Misalnya, munculnya pedagang yang menjual kurma, takjil, dan sebagainya. Maka transaksi akan meningkat dan peredaran uang akan semakin cepat pula. sehingga hal itu akan menyebabkan efek multiplier.

Teori kuantitas:  M.V=P.T
Keterangan: M : Jumlah barang yang beredar
V : Kecepatan peredaran uang
P : Harga
T : Trade / jumlah output
Kecepatan peredaran uang dapat dijadikan sebagai indikator kesejahteraan suatu daerah. Semakin cepat terjadinya peredaran uang maka daerah tersebut akan semakin maju.

Bagaimana Ekonomi Islam memandang masalah ini?
       Romadhon dapat dijadikan sebagai momen untuk mengatur pola konsumsi.
Konsep Konsumsi Secara Islami

Secara umum didefinisikan dengan penggunaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Perbedaan mendasar dalam konsumsi Islam adalah: jenis yang dikonsumsi, tujuan pencapaian, dan cara pencapaian tujuan harus sesuai syariah islamiyah.

Tujuan Ekonomi Islam:
l  Ibadah (A’abdu, khalifah,al maut)
l  Muamalah (Antarodim minkum, fastabiqul khairot, antum a’lamu bi umuuri dunyakum/ hadist)
l  Maqashid as syariah (dien, nafs, nasl, maal, aql)

Dari tujuan-tujuan tersebut, bahwa romadhon dapat dijadikan sebagai waktu dan kesempatan yang tepat untuk beribadah sebaik mungkin, dan sebagai momen untuk berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khairot). Mengingat bahwa bulan romadhon adalah bulan yang penuh berkah.



Education FoSEI feat Syiar Gamais
Pendopo Fakultas Pertanian Unsoed

Senin, 15 Juni 2015
FOSEI UNSOED

Akun Official KSEI FOSEI Universitas Jenderal Soedirman