MASIGNCLEAN101

CAR FREE DAY

4/08/2014
Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor adalah hari dimana kendaraan bermotor seperti mobil dan  motor pribadi maupun angkutan umum dilarang untuk beroperasi dijalan-jalan tertentu.

Car Free Day bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Kegiatan ini biasanya didorong oleh aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi.

Tema penting dalam hari bebas kendaraan bermotor, adalah tinggalkan kendaraan bermotor di rumah dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor atau menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang.

CFD yang dilatarbelakangi oleh aktivis lingkungan serta aktivis sosial direspon positif. Hampir ribuan orang berpartisipasi setiap CFD diselenggarakan. Biasanya hal-hal yang mereka lakukan adalah bersepeda dan jalan kaki. CFD juga sangat menguntungkan kedai kopi, penjual minuman, dan makanan yang turut mendapat keuntungan lebih dari Car Free Day.

Tidak jarang pula CFD dijadikan ajang bagi pertunjukan sepeda-sepeda unik kepada pejalan kaki, pesepeda, maupun orang-orang dikendaraan pribadi yang melintasinya. Ada juga yang memanfaat hari khusus ini menjadi saat untuk menjadi sales barang.

Efek terbaik yang diberikan dari pemberlakuan Car Free Day adalah terciptanya sarana masyarakat untuk berekreasi bersama keluarga, berkumpul dengan teman, dan bersosialisasi dengan masyarakat. Ini cakupannya sangat luas, semua orang bisa mengikuti. Tidak mengenal kaya dan miskin. Tidak mengenal usia. Tidak mengenal status sosial dan lain sebagainya.

Semua keluarga membutuhkan hari khusus untuk berekreasi. Jadi kalau ada keluarga yang uangnya belum cukup banyak berekreasi di tempat rekreasi mahal seperti mall, tempat bermain, lapangan olahraga, dan sebagainya tetap bisa berekreasi dengan rutin. Hal ini berguna bagi keharmonisan antara suami dengan istri, orang tua dengan anak, serta kakak dan adik. Jalan kaki bersama atau olahraga lainnya memperkuat relasi antar anggota keluarga.

Juga bisa dijadikan waktu yang tepat untuk bertemu teman yang sekarang sudah beda sekolah. Teman kantor. Rekan kerja. Teman yang sudah bekerja ditempat masing-masing.

Tidak lupa juga dijalanan kita bisa bertemu dan bertatap muka langsung dengan orang-orang yang tidak kita kenal. Kita bisa bersosialisasi dengan orang lain. Mereka juga orang Indonesia kok. Buat apa kita malu menegur orang lain. Dari sini bisa timbul persahabatan. Juga melatih kecerdasan emosional kita, kecerdasan relasi, rasa toleransi, serta memperluas pergaulan.

Bila itu semua kurang cukup, manfaat penting lainnya adalah kesehatan fisik dan mental. Semua pasti tahu. Kesehatan dari sinar matahari langsung, udara langsung, komunikasi langsung, dan melihat dengan pandangan langsung. Dijamin kualitas kesehatan anda meningkat.

berdasarkan semua alasan diatas MP Fosei unsoed (Cahlan dan Rizki Maulana) berinisiatif untuk ikut menyemarakan CFD, mereka mulai mengajak pengurus dan anggota UKI FEB UNSOED dan FOSEI UNSOED untuk rutin melaksanakan CFD seminggu sekali di alun-alun purwokerto, ya meskipun baru beberapa orang saja yang tertarik tapi tidak menutup kemungkinan suatu saat semuanya bisa ikut berpartisipasi.

Intinya, jangan sampai kita terpaku terhadap rutinitas keseharian kita. Kita juga butuh santai dan berolahraga.
FOSEI UNSOED

Akun Official KSEI FOSEI Universitas Jenderal Soedirman